Irma Bafadal, Mahasiswa Akuntansi UNIMUDA Sorong ikut serta dalam Presidensi G20 di Nusa Dua Bali

Irma Bafadal, Mahasiswa Akuntansi UNIMUDA Sorong ikut serta dalam Presidensi G20 di Nusa Dua Bali

AKUNEWS (16/11/2022) – G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20  merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Dibentuk pada 1999 atas inisiasi anggota G7, G20 merangkul negara maju dan berkembang untuk bersama-sama mengatasi krisis, utamanya yang melanda Asia, Rusia, dan Amerika Latin. Adapun tujuan G20 adalah mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

G20 pada awalnya merupakan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Namun sejak 2008, G20 menghadirkan Kepala Negara dalam KTT dan pada 2010 dibentuk pula pembahasan di sektor pembangunan. Sejak saat itu G20 terdiri atas Jalur Keuangan (Finance Track) dan Jalur Sherpa (Sherpa Track). Sherpa diambil dari istilah untuk pemandu di Nepal, menggambarkan bagaimana para Sherpa G20 membuka jalan menuju KTT (Summit).

Peran nyata G20 adalah sebagai berikut.

1.    Penanganan krisis keuangan globarl 2008.  G20 dianggap telah membantu dunia kembali ke jalur pertumbuhan dan mendorong reformasi di bidang finansial.

2.    Kebijakan pajak.  G20 telah memacu OECD untuk mendorong pertukaran informasi terkait pajak untuk mengakhiri penghindaran pajak.

3.   Kontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19 yang mencakup penangguhan pembayaran utang luar negeri negara berpenghasilan rendah, injeksi penanganan     Covid-19, penurunan/penghapusan bea dan pajak impor, pengurangan bea untuk vaksin, hand sanitizer, disinfektan, alat medis dan obat-obatan.

4.    Isu lainnya termasuk perdagangan, iklim, dan pembangunan.

Presidensi G20 Indonesia 2022 saat ini mengambil tema "Recover Together, Recover Stronger".  Melalui tema tersebut, Indonesia ingin mengajak seluruh dunia untuk bahu-membahu, saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Lalu, apa manfaatnya Indonesia mengikuti forum G20? Dikutip kembali dari situs Kementerian Keuangan, sebagai anggota forum G20, Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari informasi dan pengetahuan lebih awal tentang perkembangan ekonomi global, potensi risiko yang dihadapi, serta kebijakan ekonomi yang diterapkan negara lain terutama negara maju. Dengan demikian, Indonesia mampu menyiapkan kebijakan ekonomi yang tepat dan terbaik.  Selain itu, Indonesia juga dapat memperjuangkan kepentingan nasionalnya dengan dukungan internasional lewat forum ini. Nama dan prestasi Indonesia juga semakin dikenal dan diakui oleh berbagai organisasi dan forum internasional (sumber: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/).

Dalam kegiatan Presidensi G20 tahun 2022 yang dilaksanakan di Nusa Dua Bali mengundang juga mahasiswa yang berperan sebagai peserta dan sekaligus mengikuti kegiatan Festival Pemuda yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek. Dalam paparannya Mas Menteri memberikan pernyataan bahwa “Anak muda sekarang terutama generasi milenial harus terbuka dengan segala hal termasuk kemajuan teknologi dan beberapa perkembangan yang terjadi di dunia Pendidikan, termasuk dalamnya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang tujuannya memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman diluar kampus atau bangku kuliah”.

Dalam agenda tersebut salah satu menjadi peserta adalah Mahasiswa Akuntansi UNIMUDA Sorong semester III yakni Irma Munira Bafadal yang juga berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut. Kesan yang disampaikan Irma : “Acara G20 adalah untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat,berkelanjutan,seimbang dan inklusif.
Bagi saya sangat luar biasa sekali karena kami bertemu langsung dengan Nara sumbernya dari bidang Pendidikan,ekonomi serta global. dan juga Bagaimna caranya kita bisa menjadi pelopor masa depan yang handal dan bisa memimpin perkembangan di Indonesia kedepannya nanti. berkesempatan menjadi peserta dalam G20 merupakan pengalaman yang berharga untuk membangun insan atau pemuda khususnya saya yang berasal dari Timur, Papua Terima kasih Unimuda ?? terima kasih Himatansiku ”.

 [PA]